Mgr Suharyo Resmi Uskup Koajutor KAJ

Oktober 29, 2009 at 6:58 pm Tinggalkan komentar

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah tiga bulan, Uskup Agung Semarang Mgr Ignatius Suharyo Pr akhirnya resmi menjabat sebagai Uskup Koajutor pada Keuskupan Agung Jakarta. Sebagai Uskup Koajutor, Suharyo akan mewakili Uskup Agung Jakarta Mgr Julius Kardinal Darmaatmaja jika ia berhalangan.

Misa Kudus Penerimaan Mgr Suharyo dilakukan di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (28/10) pukul 10.00 tadi. Misa dipimpin langsung oleh Mgr Kardinal Julius Darmaatmaja.

Koor dari Paroki Kristus Raja Kampung Duri mendapat kehormatan mengiringi Misa Agung yang dihadiri Duta Besar Vatikan Mgr Leopoldo Girelli, Uskup Bandung Mgr Pujasumarto Pr, dan Uskup Bogor Mgr Cosmas Angkur OFM itu.

Dalam Gereja Katolik ada dua macam uskup pendamping, yakni Uskup Auxilier dan Uskup Koajutor. Uskup Auxilier tidak secara otomatis akan menggantikan uskup lama jika yang bersangkutan tidak bisa menjalankan tugasnya. Sedangkan Uskup Koajutor, seperti yang disandang Mgr Suharyo, secara otomatis akan menggantikan uskup jika yang bersangkutan tidak bisa menjalankan tugasnya.

Untuk sementara, Mgr Suharyo dan Mgr Julius akan tinggal di tempat terpisah, tetapi untuk kegiatan pelayanan ataupun birokrasi keuskupan akan selalu dikomunikasikan.

“Saat ini Uskup Agung Jakarta seakan berkaki empat,” kata Kardinal menganalogikan kondisi di KAJ saat ini. Meski begitu, Kardinal berharap agar umat dapat memperlakukan Mgr Suharyo seperti umat memperlakukan dirinya.

Mgr I Suharyo dalam sambutannya di pengujung perayaan mengungkapkan, dirinya sebenarnya sudah diminta untuk datang ke Jakarta seusai pengangkatannya oleh Paus pada 25 Juli lalu. Akan tetapi, dia meminta waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas pokoknya di Keuskupan Agung Semarang.

Seperti diberitakan, pimpinan tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Benediktus XVI telah menunjuk Mgr Ignatius Suharyo, Uskup Agung Semarang, sebagai Uskup Koajutor Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Sabtu (25/7) pukul 17.00 WIB atau pukul 12.00 waktu Roma.

Sumber : Kompas.com

Terjadilah kekosongan jabatan Uskup KAS ?

Kekosongan jabatan Uskup di Keuskupan Agung Semarang hanya terjadi beberapa jam saja, yaitu sekitar 2 jam, sejak sekitar 10:50 saat Duta Besar Vatican Mgr Leopoldo Girelli menunjukan Bulla Penunjukan kepada Bapak Kardinal Julius Darmaatmadja, Konsultore Jakarta dan umat KAJ hingga pukul 13:30 dimana Romo Pius Riana Prapdi Pr, Vikjen Keuskupan Agung Semarang, terpilih sebagai Administrator Diosesan pada pertemuan Konsultor KAS

Siapa Romo Pius Riana Prapdi Pr ?

Sebelum menjabat sebagai Vikjen KAS sejak 10 Juli 2008, beliau bertugas di Paroki Fransiskus Xaverius Kidul Loji Yogyakarta dan menjadi Direktur utama KARINA KAS. Sempat mengikuti study di Italia. Beliau juga pernah bertugas di Paroki Sragen tahun 1997 s/d 1998. Banyak catatan positif dan kenangan manis dari umat Sragen (baik dari anak-anak, kaum muda hingga orang tua) tentang Romo Riana saat ia mendampingi Romo Petrus Soeprijanto, Pr (sebagai Pastor Kepala) bertugas menjadi gembala di Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen.

Sumber : Paroki Sragen

(Foto : Komisi KomSos KAJ)

Entry filed under: KAJ, Katolik, Keuskupan Agung Semarang. Tags: , , , , .

Mari Kita Bantu Ucapan Belasungkawa dari Vatikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Tulisan Terbaru :

Pengunjung :

  • 39,891

Langganan :

Ad Maiorem Dei Gloriam

%d blogger menyukai ini: