APP 2009 – KAJ

Februari 23, 2009 at 10:27 pm 5 komentar

LATAR BELAKANG :

Aksi Puasa Pembangunan tahun 2009 mengambil tema”Mari Bertanggung jawab..!”. Tema ini merupakan pusatperhatian kita dalam rangka merefleksikan seluruh sikap,perilaku dan seluruh keputusan yang kita ambil, manakala kitasebagai umat beriman dengan panggilan hidup untukbertanggungjawab. Tanggung jawab ini bukan sekedar tuntutanetika dalam rangka hidup bersama melainkan sungguh suatutuntutan iman. Iman akan Yesus Kritus yang wafat dan bangkitmembawa kita menuju pada kesadaran akan Allah yang mahakasih secara mendalam bukan sekedar untuk menuntutmelainkan sungguh mendorong umat beriman untuk memenuhitanggung jawabnya. Namun yang terjadi seringkali kita tidakmentaati dorongan tersebut.

Namun sikap tobat bukan sekedar perayaan seremonial,melaikan sebagai gerakan tobat umat, artinya APP bersumberdari semangat dasar yaitu peristiwa sengsara, wafat dankebangkitan Kristus Yesus yang terwujud dalam aksi nyatamewujudkan tanggungjawab pada Allah, sesama dan lingkunganalam sekitar. Allah yang telah rela mengosongkan diriNya danmengambil rupa seorang hamba yang hina-dina dan menderitademi penebusan serta keselamatan umat manusia yangdicintaiNya (Fil 2:2-11). Inilah kerelaan ilahi itu. Berkatdorongan kasih Allah yang membaharui tata kehidupan umatmanusia, dari hamba dosa menjadi putra cahaya, dari kuasamaut menjadi hidup yang penuh rahmat ini mendorongkesadaran mendalam akan pentingnya pembaharuan tatakehidupan secara menyeluruh. Kuasa maut dan dosa yangmendorong rasa tidak bertanggung jawab telah dikalahkan oleh kuasa rahmat yang menumbuhkan rasa tanggung jawab itu.Mengikuti permenungan semacam ini, kita didorong untuksenantiasa membaharui kehidupan, inilah prosesnya daripengakuan dosa sebagai awal gerakan APP. Dan selanjutnyamenuju gerakan pembaharuan yang mendapatkan wujudnyasecara nyata dalam pembaharuan hidup bersama yang penuhrasa tanggung jawab. Kasih, damai dan sejahtera senantiasaharus diperjuangkan menjadi tanggung jawab kita bersamakarena Allah sendiri telah lebih dahulu mengasihi kita. Olehkarena itu (tema APP 09) sungguh mau mengajak umatmembangun kesadaran yang bersumber dari kerapuhankemanusiaan yang penuh dosa tetapi sekaligus penghayatanyang mendalam akan betapa besarnya kasih Allah sendiri dalamdiri Puteranya Yesus Kristus. Di samping itu, Tahun Paulus bisamemberi kerangka refleksi akan tanggungjawab yang makintajam bagi umat sebagai pewarta. Bagi Paulus, tanggung jawab,bukanlah sekedar beban yang harus dipikul, melainkan “Sukacita Rasul Kristus”. Baginya salib sampai matipun yang harus iapikul dengan penuh tanggung jawab mewartakan kasih Allahadalah keuntungan. Inilah dasar perutusan kita sebagai umatberiman yang merayakan ekaristi (tahun Ekaristi 09). Ekaristimenjadi sumber dan sekaligus puncak perayaan iman kita yangmembawa kita pada perutusan untuk bertanggung jawab.

APP-2009 dan Pemilu

APP-2009 dan PEMILU. Setiap tahun APP mulai denganperayaan RABU ABU, tepatnya tgl. 25 Februari 2008. Namunkali ini agak khusus karena setelah minggu kelima (TepatnyaKamis Putih) bangsa dan negara kita sedang mengerjakanhajatan nasional yaitu PEMILU. Pemilu memang merupakanperistiwa politik untuk mencari siapa yang menjadi pemenangdan siapa yang kalah untuk bertanggung jawab terhadapperjalanan bangsa ini. Yang menang akan menduduki jabatandan yang kalah harus mundur dengan jiwa yang besar dan rela berkorban. Akan tetapi sebagai peristwa nasional ini, PEMILUbukan sekedar realisasi atas kesadaran berpolitik, melainkanlebih dari itu. PEMILU adalah proses demokrasi dan sekaligusmerupakan wujud kompilasi dari rasa tanggung jawab sosialwarga sebagai pemilik syah. Namun tidak jarang, seringkalikitapun menjadi apatis atau malah golput dan tidak menjadiwarga yang bertanggung jawab. Seringkali kita tidak memberirespon secara positif bahkan kritis. Memilihpun hanya asal pilihatau malah tidak melakukan alias GOLPUT. Oleh karena itudari pengalaman semacam ini tidak jarang terjadi kitapun salahpilih, atau yang kita pilih ternyata adalah orang-orang yangsebenarnya tidak bisa bertanggung jawab terhadap bangsa dannegara tercinta kita ini. Kalau demikian bangsa dan negara inibisa runtuh. Lebih jauh ketika kita tidak memilih maka oranglain akan memilihkan untuk kita. Untuk menghindari itu semuaAksi Puasa Pembangunan 2009 sebagai bentuk konkrit dariseluruh pembaharuan hidup mengajak “Mari bertanggungjawab” pada tata hidup sosial dan politik negeri ini. Artinyaadalah mari memilih dengan penuh tanggung jawab sebagaiwarga yang cerdas, berdaya dan beriman sesuai visi dan misiarah pastoral KAJ wujud komunitas yang berdaya.

Kita juga menyadari bahwa soalnya bukan hanya terletak di dalam PEMILU itu sendiri, akan tetapi sebagai proses PEMILUmerupakan titik awal. Pemilu barulah merupakah “startingpoint”, di mana pintu masuk telah dibuka. Apabila kita semuadi dalam memilih ternyata kita memilih orang yang tidak mampubertanggung jawab, maka dalam “Starting Point” ini kita sudahsalah, dan konsekuensi nantinya akan salah semua padahal hidupberbangsa dan bernegara secara menyeluruh adalah tanggungjawab umat beriman pula. Itulah pentingnya tanggung jawab.

TUJUAN AKSI PUASA PEMBANGUNAN 2009 :

Dengan tema “Mari bertanggung jawab…!”, APP-2009memiliki tujuan a.l :

1. Mewujudkan visi-misi pastoral KAJ, pemberdayaan umatbasis melalui semangat gembala yang baik.

2. Membangun gerakan tobat umat beriman dengan fokus padaperilaku tanggung jawab kita sebagai dasar membangunhidup yang lebih bermutu.

3. Mendorong gerakan tobat umat dalam rangka ikutbertanggungjawab pada masalah-masalah sosialkemanusiaan sebagai wujud kasih dan karya keselamatanAllah.

4. Meningkatkan peran serta umat beriman dalam ranah sosialpolitik bangsa yang dilandasi oleh nilai-nilai cinta kasih,kejujuran, pembangunan persaudaraan sejati sertaperdamaian abadi bersama mereka yang berkehendak baik.

( Komisi PSE/APP Keuskupan Agung Jakarta – 2009)

Entry filed under: Katolik. Tags: , , .

Pendalaman Kitab Suci KAJ I. BERTANGGUNG JAWAB PADA KELUARGA

5 Komentar Add your own

  • 1. niken  |  Februari 24, 2009 pukul 9:23 am

    manteb, pas banget..
    mari menjadi warga negara yang baik,
    juga umat beriman Allah yang baik🙂

    tukeran link ya..
    blognya bagus, bener2 membuka wawasan😉

    Balas
  • 2. kokok  |  Maret 11, 2009 pukul 2:41 pm

    Tema APP ini apakah bersifat nasional atau utk KAJ saja ya?

    Tema “Mari Bertanggung Jawab ..!” adalah tema KAJ, sedang tema APP Nasional adalah “Kesejatian hidup dalam hubungan antarumat beriman”

    Balas
  • 3. nella  |  Maret 18, 2009 pukul 8:50 am

    Mohon bantuannya,
    Saya akan menyelenggarakan Paskah di Kantor dan mengambil tema dari APP
    Sekarang lagi bingung nih cari ayat pendukung yang paling pas
    Udah liat bahan bacaan di website ini tapi masih kurang klop
    Ada yang bisa membantu ga?

    Thanks

    Balas
  • 4. Caecilia  |  Maret 18, 2009 pukul 10:54 am

    Maaf, mbah, apakah sy bisa dapat logo “Mari bertanggung jawab” dalam ukuran besar? Karena mau dipakai untuk melengkapi dekor gereja kami di Tri Hari Suci besok.

    Klu bisa, pliz kirim aja by email ke sisilia_mc@yahoo.co.id

    Sebelumnya terima kasih sekali. Berkat Tuhan menyertai kita semua.

    Mbah nggak punya logo dalam ukuran besar

    Balas
  • 5. munduz  |  Maret 19, 2009 pukul 7:32 am

    semoga bukan hanya menjadi selogan kosong …. dan semoga tidak hanya berlaku selama sebulan (masa prapaskah doang) aktualisasinya

    Amin

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Tulisan Terbaru :

Pengunjung :

  • 39,891

Langganan :

Ad Maiorem Dei Gloriam

%d blogger menyukai ini: